29 Agustus 2009

Asinan Gelora ala NaViLa

Beberapa waktu lalu heboh dibahas asinan darah.. yg sekarang berubah nama menjadi asinan gelora by mb Mika NCC.

Hari ini kebetulan di rumah sepi seharian. Mb Nana dan mas Ravi ada acara pesantren kilat di sekolah mulai jam 08:00 pagi. So, tadi mantepin tekat mo bikin asinan ini.

Baca2 ulang resep,.. trus mulai beli bahan2nya. Buah yang aku pake hanya nanas, bengkoang, dondong dan salak. Semuanya fresh fruit... gak ada yg dah olahan.. soalnya gak ngerti yang bener tuh gimana..hehehe...

Ini nih resep lengkapnya (aslinya by Mika, modified by Helena):
gula pasir 250 gr
cabe merah besar 250 gr
jeruk nipis 250 gr
buah dan sayuran secukupnya

cara :
cabe merah dibuang bijinya, lalu blender hingga halus (berhubung aku gak punya blender kecil, jadi aku tambah air dikit agar blender yg aku punya bisa kerja).
masukkan gula, lalu jerang hingga mendidih, saring, sisihkan.
setelah dingin, masukkan air jeruk nipis (peras langsung di atas larutan gula yaa). setelah itu, masukkan buah2an yg sudah dipotong-potong, simpan dalam kulkas.

Ada "kekacauan" kecil kala hendak memasukkan perasan air jeruk nipis ke dalam larutan gula. Ternyata,... jeruk yg baru dibeli di pasar adalah jeruk manis kecil2....ya sutra lah. Di kulkas masih ada jeruk nipis dikit.... jadi pake jeruk nipis itu plus sebiji jeruk manis yg dah terlanjur dipotong.

Sisa saringan, ampas dari cabe, aku simpan di kulkas... sayang dibuang. Bisa dimasukkan dalam masakan, semisal bali, yang butuh warna merah.

Kebetulan di rumah ada stock kacang oven cincang.... biasa untuk taburan donat.... taburi kacang itu di atasnya saat hendak disantap.... sippp!!!

Hasilnya... suegeerrrr.... uenaakkk... Warnanya juga genjreng, sueger...... padahal tanpa pewarna sedikitpun... asli dari warna cabe merah tok !!!

Kebayang betapa nikmatnya kala menyantap ini di siang hari.. ntar kalau dah bukan bulan Ramadhan.. bisa dibikin lagi nih...

Uniknya... pas bikin asinan ini aku inget sepupuku, mb Niken dan budhe (mamanya). Lha kok malamnya kami saling kontak... what a surprise. Dulu kala kami berkumpul, budhe selalu menyajikan menu asinan bogor. Skr aku bikin sendiri.. ala aku..hehe...

2 komentar:

  1. Top.. bener kok gini hanya saja kelihatannya bengkong belom terlalu meresap bumbunya ya..
    wuihhh enak banget tuhh.. seger.
    Buah2an emang itu yang di pakai. Mangga kl mau cari yang mengkal ya.. trus di kupas dan di iris, lalu di kasih gula. biarkan beberpa hari.. nanti airnya keluar sendir. Nah itulah yang dimasukan ke asinan.. jadi mangganya ga terlalu asam. Dan, pakai jeruk manis ga masalah.. segernya poll dan ada rasa asamnya jgua beda.. juga bisa dipakein jeruk lemon.
    sukseeess yaaa.. muahhh.. salam asinan "gelora".

    BalasHapus
  2. waa... suenengnya daku dikomentari sama pencipta resepnya... makasih buanyak loh mbak !!!!
    Iya bener... sueger.... aku sukkaaaa banget.
    Jadi, yg dimaksud manisan mangga spt itu ya... makasih buanyak ya mbak... jadi pengin bikin lagi...

    BalasHapus