25 Agustus 2009

Mindset & Behaviour - Customer Service .. apaan sih ???

Benernya dah lama pengin nulis ini...
Kejadian nya di bulan Maret - April lalu... lama banget kan...hehe..

Kejadian pertama, di bulan Maret. Di awal2 masa riwa riwi Surabaya - Shanghai... saat belum settle apartment, aku sempat beberapa hari tinggal di hotel Express by Holiday Inn Shanghai.
Berhubung sekarang kita sedang berada dalam "New Reality", ada beberapa adjustment yg musti dilakukan. Hotel tempat stay salah satunya dan termasuk urusan perut. Yup.. urusan makan pun kudu disesuaikan dengan kenyataan "We are in the New Reality".

Suatu hari, kala sedang stay di Express hotel tsb, aku join rekan dari negara lain untuk makan bareng2. Kebetulan teman itu berasal dari Cina juga.. hanya beda kota. Kami bertiga pergi ke warung kecil sederhana di dekat hotel.

Aku gak keberatan sih... toh tempatnya lumayan bersih. Kami selalu makan malam awal.. kala warung barusan buka. So tempatnya masih relative bersih lah.

Kala itu, kami bertiga sedang menunggu pesanan datang sembari baca menu (aslinya mereka yang baca menu dan terjemahin ke aku, karena menu full written in Mandarin!!!). Jadi seorang temen berusaaha menjelaskan ke aku, menu ini apa, bisa aku makan or not.
Sedang asyik2 baca menu... tiba2 salah seorang waitress mengambil menu tersebut dan memberikan ke serombongan orang yang baru datang.

Sebenernya aku kaget dengan kejadian itu. Rada gak suka juga sih. Salah seorang temen Cina bilang... customer service oriented. Maksudnya, dia memuji resto tsb karena sang waitress sudah berani mengambil menu yg sedang dibaca untuk diberikan ke orang lain yg baru datang yg pasti butuh menu untuk pesen.

Yang kedua aku alami saat transit di Changi. Dalam perjalanan pulang dari Shanghai, tiba di Singapore masih puagi sekali.. jam 05:30 waktu setempat. Setelah dari musholla, aku ke lounge (untung masih ada kartu gold member.. so walau naik eco masih bisa ngrasain fasilitas lounge di airport).

Niatnya mo mandi.. biar ntar seger pas ketemu papanya anak2. Nyampe di lounge, aku tanya receptionis apa mereka punya shower room... mastiin aja. Dijawab, yes we have. Abis itu, aku lgs ke shower room. Dah mo siap2 mandi... cari2 handuk.. kok gak ada (inget kalau di Doha, kebutuhan mandi termasuk handuk dah tersedia di dalam shower room). Aku keluar lagi.

Di receptionist, si mbak sedang mbungkuk di celah bawah tangga ... pokok-nya tempatnya sempit banget (efisiensi ruang). Lihat aku datang lagi, si mbak lgs beridiri yg membuat dia kebentur tembok .. ouch !!!
Aku tanya lagi... apakah dia nyediakan handuk ?? Si mbak yg mungkin lagi sebel abis kebentur, dengan ketus jawab... you asked do I have shower room.. you didn't ask for towel before .... loh ?? kok gitu jawabannya .....
Padahal ini di lounge airline yg terkenal sangat bagus kualitas layanannya.... tapi nama besar ternyata gak jaminan..

Dari kedua kejadian tsb.. nurut aku.. ada satu kesamaan. Apa yg ada di pikiran seseorang... paradigma or mindset.. akan membentuk tingkah laku or behaviour yg bakal kelihatan .. yg kasat mata.

Si waitress di Shanghai berani mengambil menu yg jelas2 sedang dibaca karena di pikirannya ada orang yg baru datang dan orang ini bakal nambah pendapatanku.. !!
Si receptionist di Changi cemberut dan njawab seenaknya karena dia abis kebentur... di pikirannya (mungkin yaaa), duh .. gara2 kamu datang lagi aku jadi kebentur.

So, kesimpulannya... semua bermula dari pola pikir.. paradigma... mindset.
Bila kita mau memberikan good customer service... ya harus mulai dan senantiasa berpikir bahwa kita adalah servant.. seseorang yg memberi service.. sehingga kita akan selalu berupaya memberikan service terbaik bagi customer kita... bener gak sich ???


Nurut aku sih itu bukan customer service oriented.. itu money oriented !!!
Karenaaaa... di deket dia, ada setumpuk menu yg nganggur !!! Sebenernya, kalau sang waitress lebih bijaksana, dia bisa aja mengambil satu menu dari tumpukan itu dan memberikannya ke rombongan yang baru datang. Jadi mereka tetap dapat tambahan order dari tamu baru dan tidak kehilangan customer yg sedang asyik menikmati menu list mereka.. setuju kannnn???

Yg bikin rada mikir... temen yg komen "Customer Service Oriented" itu temen yg punya posisi higher then me di organisasi loooohhhh.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar