07 Agustus 2009

Kastengel



Masih fresh from oven.. kastengel.. kuker wajib buat papaku !!
Kali ini sekalian mo bikin untuk mb Nanik, nitip Rina yg mau berangkat ke sono.

Aku pake resep dari Sedap Sekejap lama ..
Biasanya aku pake full blue band tapi aku tambah keju kraft 50 gram ke dalam adonan. Kali ini mau nyoba pake campuran mentega. Jadi 30% jumlah lemak aku pake mentega. Tepung terigu aku pake hanya 130 gram (aslinya 150 gram).

Nyetaknya masih pake cara aneh..hehe... digilas trus dicetak pake cetakan aluminium.. gak bisa spt alm Mama dulu.. karena aku gak punya cetakan Sawa spt punya Mama.. sedangkan cetakan Sawa milik Mama dulu kok ya pecah bagian yg biasa dipake untuk bikin kastengel.

Oven di suhu 140 derajat... hingga mateng.
Hasilnya.. kali ini lembutt... malah terlalu lembut.. sampe2 agak banyak yg remuk saat mau ditata di dalam toples.

Ini resep lengkapnya :
bahan :
mentega 125 gr
kuning telur 2 butir
tepung terigu 150 gr
tepung maizena 25 gr
baking powder 1/4 sdt
keju edam 100 gr, parut halus
keju cheddar 50 gr, untuk hiasan, parut halus
kuning telur 1 butir untuk olesan

Cara :
Kocok mentega dan kuning telur sampai lembut, masukkan keju edam.
Ayakkan tepung terigu, baking powder dan maizena, aduk rata. Bentuk, olesi permukaan dengan kuning telur, taburi keju cheddar parut. Oven hingga matang (aku biasa di suhu 140 derajat celcius).

Moga2 aja kali ini Papa dah cocok.. dah bs spt kastengel bikinan alm Mama... dan mb Nanik moga2 seneng nerima kastengel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar