23 Agustus 2009

Cheesy Steamed Brownies

Beberapa minggu terakhir ini di milist banyak dibahas dan cerita seputar cheesy steamed brownies dari Radin Cake.

Penasaran juga.. Kamis malam lalu, sepulang kerja, aku coba bikin resep ini.
Resep lengkapnya sbb :
"Brownies" Kukus Keju Radin Cake

Bahan A
2 butir kuning telur
2 butir telur utuh
100 gram gula pasir
1/2 sdt vanilla extract
1/2 sdm emulsifier
1/2 sdt garam

Bahan B - aduk rata
75 gram tepung terigu protein sedang
25 gram susu bubuk
20 gram maizena
1/2 sdt baking powder

Bahan C - lelehkan
25 gram butter
85 mL minyak sayur

Bahan D
50 gram keju, potong dadu

Loyang: ukuran 30 x 10 x 4 cm - oles minyak atau carlo, alasi dengan kertas roti


Cara:
1. Panaskan kukusan.
2. Kocok Bahan A (kecuali garam) hingga kental berjejak, tambahkan garam, kocok lagi sebentar.
3. Ayakkan Bahan B ke Bahan A.
4. Taburkan Bahan D, lalu aduk rata.
5. Tuangkan Bahan C ke adonan, aduk hingga benar-benar rata.
6. Tuang ke loyang lalu masukkan ke dalam kukusan yang telah berasap.
7. Kukus dengan api yang tidak terlalu besar selama kurang lebih 40-45 menit.
8. Setelah matang, oles dengan mentega kocok, parutkan keju di atasnya.

Coba ikutin kata kuncinya.. kocok hingga kental berjejak. Seperti ini nih campuran yang dihasilkan oleh mixer mungilku (dah setia mengocokkan selama 9 tahun loooo).


Kemudian ikuti juga kata kunci kedua, aduk ambang cube cheese dengan tepung. Hasilnya, walau gak banyak2 banget, tapi ada beberapa cube cheese yg sukses menyebar di body kue.

Berhubung aku gak punya loyang brownies, aku pake cetakan loaf. Kali ini juga aku coba oles loyang dengan carlo di bagian dasar saja... dan hanya oles carlo. Sisi dinding loyang tidak aku oles apa2.

Hasilnya.... ini cake yg baru keluar dari kukusan... sebelum diberi topping.


Setelah diberi topping, jadi spt ini nih... yummmyyyy....


Oh ya, karena aku gunakan loyang loaf, ada sisa adonan yang akhirnya aku masukkan ke dalam 5 buah cups.

Dalam 15 menit aja, Ravi melahap sepertiga kue yg dicetak pake loyang loaf.
Nana, as usual, bilang gak mau coba krn ada keju... padahal rasa manisnya juga kerasa loh...

Paduanya pas,... legit dan gurihnya keju....hmmm... yummmyyyy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar