12 Agustus 2009

Sagu Keju



Hari ini daku cobain bikin resep sagu keju, dari milist.
Resep lengkapnya sbb :

Sagu Keju
:: Penulis : Fatmah Bahalwan (modified by Helena)

Bahan:
300gr tepung sagu (sagu tani)
2 lbr daun pandan
100 gr margarine
50 gr mentega (butter)
150 gr gula halus (aku tambahkan menjadi 175 gr)
1 btr kuning telur
100 gr keju edam, parut (aku pake keju cheddar, 75 gram saja)
50 gr santan kental Misal kara

Cara membuat:
• Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
•Kocok margarine dan mentega hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
• Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
• Masukkan adonan kedalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang, semprotkan kedalam loyang tipis yg sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
• Oven selama lk. 40menit....(ingat kenali oven masing-masing, wkt dan suhu yg diperlukan, selalu lakukan test)

Sebelumnya sempat nanya ke temen di milist, perihal pemakaian santan dalam resep ini.
Ternyata, disarankan pakai santan kara, 50 gram, langsung dari kemasan.. .jadi tidak perlu diencerkan lagi.

Pagi abis pergi takziyah ke rumah temen.. mulai deh beroperasi. Sangrai tepung.... minta tolong sih..hehe... sementara aku ngeblender gula. Timbang dan siapin bahan... ee.. si mungil Kalila bangun. Ya udah... nemenin Kalila bentar.

Abis itu, mulai ngemikser campuran mentega, margarin dan gula halus. Aku pake mixer Cucina, selama kurleb 6 menitan.. sesuai saran dari mb Yohana...thanks ya mbak !!!

Di menit ke 3, masuk telur. Setelah itu, dilanjutkan hingga menit ke-6. Setelah itu, keju masuk sekaligus, sambil dimixer. Setelah rata, lanjutkan dengan menggunakan spatula untuk mencampur tepung sagu. Terakhir baru masuk santan.

Setelah itu, langsung dispuit. Aku pakai cetakan Nakami. Bisa dilihat di bagian tools deh... or sperti ini penampakan alat yang aku pakai bikin sagu keju ini..




Lanjut mengoven di suhu 140 derajat selama kurleb 40 menitan... hasilnya....tra ra... kuenya renyah.. lembut.. lumer di lidah... dan tidak terlalu asin ... cocok dengan selera orang rumah (aku sih gak keberatan agak lebih asin.hehee...).

1 komentar:

  1. Hai Mba, salam kenal:)
    aku ijin pake resep n step by stepnya yaa.. mau coba bikin dirumah nich.. semoga bisa sukses, seperti gambar mu....

    hug,
    cacarani

    BalasHapus