05 September 2009

Katetoong a.k.a. Lidah Kucing


Kamis sore lalu, tiba2 ada sms dari Putri.... bilangnya.. tante, temenku mau pesen kue sama tante.. mo pesen double choc dan lidah kucing.
Waks.. padahal aku dah lamaaa banget gak bikin lidah kucing.. trauma karena dulu pernah bikin...seringnya lengket di cetakan sampai hasilnya adalah bubur lidah kucing...hehehe....

Karena ini request serius... dan opportunity... so mau gak mau ya harus disiapkan.
Lempar pertanyaan ke milist tercinta... ada mb Yenny yg menjelaskan panjang lebar tentang tips dan tricknya... thanks so much mb Yenny.

Menurut dia, kunci sukses ada di pengocokan.... dan bhw cetakan yg dulu pernah lengket.. biasanya bakal lengket lagi.... glek.. ini yg bikin rada grogi lagi.

Kemarin malam setelah membaca semua tips .. aku mantapkan niat untuk bikin lagi.
Berhubung di rumah aku hanya punya 2 loyang cetakan lidah kucing.... jadi deh nanya ke tetangga yg biasa bikin kue sendiri.
Dari 2 orang yg aku tanya.... hanya satu yg masih nyimpen cetakan lidah kucing.... itu pun hanya 2 biji.
Aku pikir masih mending lah... jadi sekali masuk 2 loyang... ada 2 loyang yg antri.... lumayan.

Jadinya, tadi pagi ke rumah tetangga ambil cetakan. Setelah semua siap, mulai deh menimbang2 bahan2. Setelah semua siap, mulai mengocok campuran mentega, margarin dan gula. Aku kocok selama 5 menit. setelah itu, mulai masuk putih telur... kocok terus hingga total lama ngocok = 10 menit.

Setelah itu, masuk terigu dg dikocok speed 1, sekitar 1 menitan.. selesai dah.. tinggal dioven.

Hasilnya... tra ra... alhamdulillah jadi lidah kucing yg "montok", lezat dan gampang dilepas dari cetakannya.

Ini deh Put.. pesenanmu dan temen kamu... semoga cocok.. dan pesen lagi.....dan lagi... dan lagi... dan lagi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar