07 Desember 2009

Veggi Noodle




Tergelitik dengan sharing dari mb Mika tentang mie telor bikinan sendiri, langsung japri minta resep... yuhuuuu..mb Mika.... thanks for the recipe !!

Karena anak2 susyaaahh makan sayur, kepikiran bikin mie sayur telur sendiri. Ingat juga bhw bbrp waktu sebelumnya pernah beli mie sayur di salah satu spm dan anak2 mau.

Akhirnya, kemarin... ditengah-tengah sibuknya ngurus anak2...lebay deh... krn the Nany sedang pulkam... masih bisa nyuri waktu buat bikin mie istimewa ini.

Abis ngulen adonan, maunya shortcut, adonan lgs aku masukkan ke dalam gilingan mie. Lha kok macet... lha kok mbulet aja adonannya ?? Ternyata, ada salah satu plat di bawah rolling-nya yang 'njepat' (sorry, gak ngerti bhs indonesianya..hehe). Gak jelas apa itu terjadi karena shortcut ku itu or krn pemakaian sebelumnya. Emang ini gilingan mie gak spt yang dimiliki alm Mama... yg ini cenderung lebih tipis platnya... walaupun ada embossnya "made in Italy"...

Akhirnya, dengan perlahan-lahan... bisa nyelesaikan seluruh adonan. Lanjut ke acara motong mie. Krn gak sabar, separo aku potong dengan cetakan yang lebar2.

Selesai bikin mie, sebagian lgs aku masukkan wadah kedap udara.. masuk kulkas. SEbagian lagi lgs dimasak. Rada grogi jga... krn aku gak suka masak... jaranggg banget masak...hehe.. ketahuan deh .

Tapi ditekatin aja. Anak sulung minta mie goreng, yang tengah minta mie rebus... gubraks !!! Akhirnya, mau simple aja, keduanya aku bumbui sama, cuma garem, gula, bawang putih dan merica hitam. Halusin bumbu untuk 2 porsi, separo diconvert jadi mie goreng, separo lagi jadi mie rebus.


Hasilnya... tra ra.... mie sayur lezat nan sehat !!! Anak2ku pada muji masakanku... alhamdulillah... ternyata bisa juga bikin masakan yg disenengi anak2..hehe....

Buat yang mau pengin coba bikin mie ini, ini aku copas resepnya :

Mie Telor Istimewa
by Fatmah Bahalwan

1000 gr tepung terigu protein tinggi
450 gr telur (kuning + putih)
1 sdm garam

Cara membuat:
- aduk rata tepung dan garam, tuangi telur, aduk rata dan uleni hingga kalis. Lalu tipiskan dengan rolling pin, teruskan gilas dengan mesin pembuat mie hinga beberapa kali, sampai adonan halus.
- Beri taburan tepung sagu, lalu gilas dengan pemotong bentuk mie.
- Mie siap digunakan

Kemarin aku bikin veggie noodle pakai sawi. Jadi sawi diblender, lalu saring. Aku pakai perbandingan 100 gr telur dan 125 air juice untuk separo resep.
Oh ya, campuran 100 gr telur dan 125 air juice sawi ini menggantikan porsi telur di resep awal yaaa. Semoga gak bingung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar