25 Desember 2009

Fruity Chocco Nut Cake


Seperti kebiasaan tahun2 sebelumnya, setiap 25 December the Mertowidjojo's pasti kumpul2 di rumah pakdhe Doyo.
Karena tahun ini aku dah jadi bakulers... so rasanya ada yang kurang kalau aku gak bawa sesuatu...hehe...

Pikir2... akhirnya semalam putusin bikin choco nut spt yg pernah dibikin WH bbrp waktu yang lalu.
Sore minta mb Yun beli cake case dari mika, biar terlihat cuantik.. mauku diameter 26 cm plus alas tart yg keras itu. Dia sih emang tanya, alas cake yg putih itu tah ?? Aku jawab iya, krn maksudku yang putih kilap, silver.
Ternyata, pas dia datang, dia bawa cake case mika diamter 28 cm dan alas cake tipis renda... glodhak !!! Padahal aku rencana bikin sponge cake ukuran 22 cm aja. Belum lagi kok alasnya cuma yg tipis gitu. Muter otak.. kanan.. kiri.. akhirnya ya sutra lah. Tetep bikin sponge cake 22 cm. Ntar toh cake ada filling, so bisa menambah tinggi cake. Trus hiasan buah kan juga nambahin tinggi badan si cake. Untuk alas cake, teringat cara moles BC di youtube, expertvillage... pinggiran alas cake diberi potongan kertas roti. So, bila ada ceceran BC bisa dibersihkan tanpa mengotori alas cake renda.. dan kertas roti dilepas ketika BC dah cukup set.

Malamnya, mulai jam setengah sembilan, bikin sponge cake 8 telur nya NCC... alhamdulillah sukses... mengembang, empuk, gak gosong. Ada incident di malam kemarin. Pas mau ngeluarin cake, rada sulit narik loyang krn aku taruh di sebelah dalam.

Sebenarnya cara paling aman adalah melepas rak atas agak tidak bingung pas narik loyang. Krn dah mau cepet selesai.. dan nggampangno.. aku shortcut. Tangan gak pake oven mit, hanya pegang cempal, langsung aku tarik si loyang. Hasilnya... wadaw... kenyos rak oven. Cepet2 siram air, lalu keringkan dan oles dengan bioplacenton. Lumayan panas... so diangin-anginkan dulu sebelum tidur.
Untungnya pas mau tidur dah terasa mendingan. Learning.. jangan pernah melakukan shortcut untuk pekerjaan apapun !!!

Tadi pagi, setelah main sama anak2 di sawah (NaViLa komplit ikut!! plus Jingga malah) dan leyeh2 (sempat tertidur malahan..hehe..), mulailah menggarap finishing.
Pas Kung datang, aku masih baru mau mulai nyampur adonan BC.

Karena mo bikin chocco nut spt WH, so nyampur adonan spt WH. Resep aslinya spt ini :
DCC 400 gr
BC 400 gr
selai kacang 200 gr

Ada BC sisa dari ngajar di kelas mas Ravi kemarin. Trus masih punya selai kacang juga. So, aku campur seadanya.. hehe.. modifku :
DCC 250 gr
BC 300 gr
selai kacang 225 gr

DCC segitu krn malas motong 1 block..hehe... BC adanya itu... selai kacang, sekalian ngabisin.

Setelah semua siap, mulailah menghias. Cake aku belah jadi 3. Masing2 lapis aku beri filling campuran BC ini. Trus semua dipoles BC. Lalu susun buah. Singkirkan kertas roti yg tadi dipasang di bawah, masuk kulkas bentar.


Setelah semua siap... tra ra.. meluncurlah kami ke Surabaya. Feedback dari Budhe... enak Len. Ada rasa gurih2nya... itu berkat selai kacang.
Cake NaViLa.... rasa gak perlu dipertanyakan lagi....yummyyyy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar