10 Juli 2010

Latbar


Latbar !!!! Yup, siang tadi ada latbar di rumah, masih bersama temen2 NCC (or Foodmonster, karena semua juga member FM).

Ini adalah latbar kedua yang aku ikuti, setelah latbar NCC Feb lalu di ITS. Ini merupakan latbar pertama yg dihadiri team Sidoarjo. Tepatnya aku, Fitri, mb Risa, mb Nurul serta mb Elis.

Panjang kisah latbar ini. Duluuu.. kurleb di bulan April-an, Fitri ngajakin latbar untuk member Sidoarjo. Maksudnya, biar gak kejauhan transportasinya aja. Trus, lama2 mrotol2.. akhirnya gak jadi tuh latbar.

Naa, kira2 di bulan Juni ini,.. dari chattingku dengan Fitri, timbul lagi ide bikin latbar Sidoarjo lagi. Karena waktu itu aku dah niatan mau bikin barbie cake buat Kalila, aku tawarin latbar di rumah, tgl 27 Juni itu. Semua dah OK, bahkan mb Risa dah siap2 beli boneka barbienya (dia telpon aku, tanya di mana beli boneka barbie).

Ternyata, di hari itu aku ada orderan. Sooo... dengan terpaksa... latbar diundur.. sorry morry men temen. Latbar diundur tanggal 11 Juli. Karena gak ada rencana bikin barbie cake lagi... dan sayang fondant kalau bikin decor pake dummy.. aku usul temanya nge-hias cake dengan buah iris dan bikin pastry. Pastry gurunya mb Risa, karena dia dah pernah ikutan kursus bikin pastry.

Kebetulan waktu itu di milist lagi sering sliweran cake hias buah. Bahkan ada sharing batik fruit cake -nya mb Peni yang aduhaaaiiii...

Ditawarkan.. semua OK aja.. Untung, men temen gampang aja..hehehe... thanks prend !!

Hari Kamis, 8 Juli kemarin... tiba2 mb Risa nelpon. Bilang bahwa dia gak bisa tanggal 11 Juli, karena ada agenda keluarga mendadak. Wadhuh.. masak batal lagi. Akhirnya, dengan nekat, aku bilang aja... yo wis.. tgl 10 Juli saja.. kan tanggal merah tuh. Soale mb Nurul hari Sabtu masih harus ke kantor. Akhirnya,.. dengan semangat 45.. dikabarkanlah berita perubahan mendadak ini. Alhamdulillah... semua OK. Bener2 teman yang kompak !!!

Akhirnya, the D day is here !! Hari ini, jam 13.30.. kami mulai latbarnya. Sebenernya mb Risa datang duluan, kurleb jam 12-an. Dia lgs mulai bikin vla (pake reesp vla Napoleon-nya Riana), ngegiles korsvet, nimbang2 bahan... aku makan siang..hehehe.

Tak lama kemudian, mb Elis datang. Dia temen sekantor Fitri. Mb Elis ngajak putri pertamanya, Natalia. Mb Elis pun gabung ngebantuin mb Risa. Menyusul kemudian, mb Nurul dan adiknya datang.. duch.. sampe lupa nanyain nama adik mb Nurul.. sorry yo mbak !! Dan yang terakhir.. Fitri muncul juga.

Mulailah dengan membuat pastry. Ngulen2 adonan.. bergantian agar tidak terlalu berasa fitness...hehehe... Sempat timbul keraguan saat memasukkan margarin, karena rasanya kok kebanyakan. Tapi stl counter cek sisa margarin... bener kookkk... sesuai resep kookkk.. Ngulen2 selesai, istirahatkan adonan di kulkas selama 20 menit. Lalu tipiskan adonan dan ambil korsvet yang sudah ditipiskan dan dimasukkan ke kulkas.

Kalau duluu.. jaman Mama dulu, caranya kan korsvet dioles sedikit demi sedikit di adonan sebelum digiles. Jadi kalau dulu, ngegilesnya berulang-ulang. Dan setiap ngegiles, pasti korsvet dioleskan, lalu adonan dilipat, lalu digiles.

Sekarang beda. Stl adonan kalis dan stelah disimpan di kulkas 20 menit, adonan ditipiskan. Lalu, korsvet yang sudah tipis dan dingin ditempelkan di 2/3 panjang adonan pastry.
Jadi, kalau jaman sekarang, caranya si korsvet ditipiskan di plastik, kira2 seukuran adonan pastrynya nanti. Disimpan di kulkas hingga waktunya digunakan.

Setelah adonan ditempelin korsvet beku, dilipat 3, lalu digiles lagi.. memanjang saja ngegilesnya. Oh ya, korsvet kan ditempel di 2/3 panjang adonan. Bagian adonan yg gak kebagian korsvet dilipat duluan yaa... jadi semua adonan akan menyentuh korsvet.

Setelah dilipat, adonan ditandai 1 tusukan untuk menyatakan bahwa ini lipatan pertama. Lalu masuk kulkas 20 menit lagi (or 10 menit yaa... resepnya masih di Fitri). Kemudian dikeluarkan, digiles lagi... lalu lipat lagi, simpan lagi... begitu seterusnya hingga 3 - 4 kali.

Setelah selesai, tinggal dicetak sesuai selera. Letakkan di loyang yg sudah disemir lemak.. lalu oven. Tadi aku oven di suhu 170 derajat, kurleb 40 menit-an. Oh ya, sebelum dioven, olesi dulu dengan kuning telur yaa.. biar cantik.


Sebagian dicetak di cetakan cuncum.. diisi vla... hmm...nyummyy... kesukaan mb Nana..

Balik ke ngehias cake dengan buah... well... ini learning buat kelompok latbar. Awalnya kemaruk... dikira ngedekor cake dg buah bakal cepet, sehingga muncul ide nambah bikin pastry dan ngehiasnya pun pake 2 model. Yang biasa (slice tebel) dan batik (slice tuipppiiissss). Ternyata oh ternyata... gak cukup sodara2. So next time kalau mau latbar, biar cuma 1 saja temanya...hehee...

Tapppiii... ngedekor cake dengan fruit tetep jalan kok. Jadi sebagian nerusin pastry, sebagian ngedekor cake. Cuman jadi free style. Yg slice tebel nyampur dengan slice tuipis.. kayak aku ini..hehe... Walaupun mepet2.. cepet2an... masih lumayan cantik kan.. Ide slice tipis itu juga bagus looo.. bisa buat isian hiasan yg sisi vertical. Sayang whipped cream kurang. Sebelumnya mau beli 1.25 kg,.. tapi akhirnya cuman 1 kg.. dan kuranggg.... Next time ditambahin yaaa..


Tuch.. tetep cantik kan... dah improved deh dibandingkan tatanan tahun lalu..hihihi...

Akhirnya, sekitar jam 17:00 an semua selesai. Beres2..makan pastry...hmm..yummy.

Kalila ikut nemenin tante Fitri nunggu jemputan :


sambil juga bergaya ala Farah Quin.. and this is it... Fruitcake NaViLa ....


Fruit cake belum dipotong.. dah keburu tepar.. Besok siang aja deh.. rasanya wuenak makan cake buah di siang hari.

Jangan kapok yaa.. ntar lain waktu latbar lagi yaaa...

pssttt... foto2 lain bisa dilihat di http://www.facebook.com/album.php?aid=2046153&id=1096750730&ref=mf ... facebooknya Fitri...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar