25 Juli 2010

Latbar BC transfer

Latbar laggiiiiiiiiiiii...

Kemarin ikutan latbar team NCC Surabaya di rumah Nadira. Mb Nana aku ajak karena kebetulan aku mau bikin bc transfer gambar Naruto.
Berangkat dari rumah jam 09:30... karena musti nyelesaikan "tugas" dengan Kalila dulu...hehe...

Pas di jalan, mampir ke arvian karena ada yg butuh dibeli. Mumpung lewattt...
Sempat kontak2-an ama mb Devi, karena beliau sms minta dibelikan kardus untuk cake. Ternyata stl aku telpon, diputuskan gak usah pake kotak.. lha wong pake dummy aja... ngirit.com. Dummy aku nitip dibelikan bu Camat Devi, soalnya di Arvian gak ada.

Nyampe rumah Nadira, ternyata dah mulai. Maklum, akunya yg telat. Teman-teman sudah selesai moles cake dengan BC. Bahkan ada yang sudah mulai siap2 melukis BC transfer.

Setelah halo-hola sebentar ama temen2 di sekitar, aku masih bengong, krn dummyku belum dateng. Yup, karena mb Devi belum dateng, so aku gak bisa ngapa-ngapain.
Untung gak lama kemudian mb Devi yang cantik, baik hati dan tidak sombong tiba juga... horreee.... sudah bisa mulai beraksi.

Setelah gambar Naruto terpasang di alas kerja dan mendapatkan mika dari mb Yuyun,.. makacih banyak ya mbakkk,.. mulai siapin BC hitam untuk outline. Aku lihat BC Shirley bisa mantep banget hitamnya. Ternyata, itu didapat dari mencampurkan BC plus selai coklat plus pewarna hitam. Mulai deh bikin outline.
Mulai dari bikin garis rambut Naruto, lalu wajah dan terakhir baju Naruto. Pas ngelukis wajah Naruto, operasi bibir adalah bagian yang paling sulittt... karena gambar asli adalah gambar 3D (ada gradasi warna). Setelah berupaya lebih dari 5x, akhirnya nyerah dengan mengganti hidung dengan 2 titik saja.
Oh ya, selama operasi hidung, aku menggunakan potongan mika untuk mengangkat BC yg urung. Lebih gampang daripada ngehapus pake tissue.

Kemudian, mulailah mengisi bidang warna. Cara ngisi yg benar adalah dengan menekan BC di satu tempat, biarkan dia melebar, lalu pindah di sebelahnya, pencet dan biarkan melebar, begitu hingga penuh semuanya. Mulainya dengan area yang deket garis outline yaaa....

So far so good lah. Yang rada sulit hanya pas ngewarnain rambut. Tapi itu karena aku minta bc kuning mb Anny yg kebetulan agak kurang fluffy (siapa juga suruh minta yaa....). Oh ya, kuning itu aku pake pewarna lemon yellow punya Nadira (lupa merk apa... kayaknya tofieco deh.. botolnya tinggi, nuangnya pake dipencet dikit botolnya). Thanks ya Nad.. dan mb Anny !!

Setelah selesai, masuk ke kulkas (idealnya freezer yaa) dan maksi. Ini dia tampilannya sebelum masuk freezer :


Saat itu sudah ampir jam 14:00. Selesai maksi, aku baru moles dummy. Di sisi lain, peserta sudah mulai menempelkan BC transfernya kembali ke cake masing - masing.
Karena dummy, aku poles tipis saja tuh dummy. Untuk sisi vertikal, karena males ngeluarin spuit, aku poles tok saja. Mb Nana protes, jangan warna putih saja. Mikir dikit... ya udah deh, timpa saja polesan putih dengan polesan BC orange punya mb Devi. Minta lagi...ya iya lah.. wong sudah ready. Mb Devi bikin Nemo.. jadi punya stock sisa BC orange, daripda mubdzir kan...

Hasilnya.. malah tambah nyeni looo. Cantik banget!!! Kata mb Nana, sperti jilatan api.



Sampe segitu udah ampir jam setengah tiga. Padahal mb Nana masih ada jadwal les di petang hari nanti. Akhirnya, aku pamit duluan. Tak lupa foto-foto dulu bareng2 team... trus cabut deh. Saking kesusunya, kunir asem pemberian mb Yuyun ampe ketinggalan di rumah Nadira... nyesel.com.

Sampe rumah, BC transfer dan dummy lgs masuk kulkas. Aku nyambung lagi tugas dengan Kalila. Setelah semua beres, baru ngelanjutin decornya.

Border atas aku beri motif kerang ekor, bawah motif kerang biasa. Untuk ngisi area Naruto, aku beri motif cornelli saja... cepet... simpel but elegant.

hasilnyaa... tra ra.... BC transfer Naruto !!!


Oh ya, karena BC transfer pada prinsipnya adalah spt kerja cermin, maka simbol Naruto jadi kebalik pas BC dipasang di cake. Learningnya, kalau bikin BC transfer dengan simbol or tulisan, gambar harus di-mirror dulu sebelum diprint.

Trus, efek shiny di bandana Naruto kemarin aku pake warna putih. Rasanya akan lebih baik bila aku pake gradasi dr warna abu2 dasar bandana saja.

Well.. at least this time is much better then before.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar