25 April 2010

Chiffon Cake Strawberry


Chiffon cake ini sebenernya dah lama dan sering aku bikin.
Gampang bikinnya, resepnya simple. Dari resep basic, bisa dikreasi bermacam rasa, tergantung pasta or juice yang digunakan.

Kapan hari bikin chiffon cake strawberry, aku bawa ke kantor. Aku cicipkan ke Rahma .. dan seperti biasa dia minta resepnya.

Ini nih resep lengkapnya ya..

Chiffon Cake
by Mia Juliana

Bahan A :
Air matang 50 ml (sering aku ganti dengan susu cair)
SKM 1 sdm
Minyak sayur 50 ml
Terigu 60 gr
BPDA 1/4 sdt
Susu bubuk 15 gr
Vanili 1/4 sdt (seringnya aku skip)
Kuning telur 5 butir

Bahan B :
Gula pasir 75 gr
CoTT 1/4 sdt (selalu aku skip)
Garam 1/4 sdt
Putih telur 5 butir

Cara :
1. Campur jadi satu, air matang (or susu), SKM dan minyak sayur
2. Masukkan tepung, susu bubuk dan vanili, lalu aduk rata (kalau aku, cairan dimasukkan ke tepung)
3. Setelah rata, masukkan kuning telur dan aduk kembali
4. Panaskan oven hingga 190 derajat (kalau aku, 150 derajat)
5. Kocok putih telur, CoTT, garam dan gula pasir hingga soft peak
6. Setelah itu, satukan dengan campuran adonan A ke dalam adonan putih telur (jadi adonan pasta dituang ke adonan putih telur.. bener kok)
7. Aduk dengan ballon whisk 1 arah agar putih telur tidak kempes
8. Masukkan adonan ke dalam loyang chiffon diameter 20 cm, lalu panggang selama 45 menit di 190 derajat (aku, 150 derajat, 50 menit)
9. Setelah matang, keluarkan dari oven dan balikkan hingga dingin.
10. Keluarkan dari loyang, potong2..sajikan

Gampang lo bikinnya... enak rasanya... ayuuukk dicoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar