24 April 2010

Bolu kukus Triwarna

Cemilan ini sebenernya dah agak lama aku bikin.. beberapa hari yang lalu.
Ini cemilan yang very low fat.. karena full hanya pakai putih telur.

Critanya ada stock putih telur. Mau dibikin pudding, Ravi gak begitu suka bawa pudding ke sekolah. Buka2 buku, akhirnya pilihan jatuh di resep bolu kukus triwarna.

Ini nih resep selengkapnya :

Bolu Kukus Triwarna
by Yeni Ismayani & Cucu Cahyana

Bahan :
Putih telur 250 gr
Gula pasir 160 gr
Santan 50 ml (aku pakai yang instan, tanpa dicairkan)
Emulsifier 1 sdm
Terigu 150 gr
Susu bubuk 10 gr
Baking powder 1 sdt
Mentega 1 sdm
SKM 1 sdm
pewarna sesuai selera (aku pakai pasta)

Cara :
1. Kocok putih telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengental.
2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan baking powder. Kocok kembali hingga rata
3. Tuang santan, mentega cair dan skm, aduk hingga rata
4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, masing2 diberi warna sesuai selera (aku pakai pasta strawberry, coklat BF dan vanila)
5. Tuang adonan merah, putih dan coklat ke dalam cetakan. Kukus 10 menit hingga matang
6. Angkat dan keluarkan dari cetakan, dinginkan, sajikan

Ada kecelakaan kala mengukus. Aku gak baca bahwa ketiga lapis dituang sekaligus. Kemarin yang aku lakukan adalah seperti membuat brokus. Jadi lapisan merah aku tuang lalu kukus, baru tuang lapisan lainnya.

Hasilnya, lapisan putih dan merah gak mau lengket. Yang coklat mau lengket ke putih karena meises yang aku taburkan diantaranya sudah lengket.
Tapi ada hikmahnya. Lapisan merah aku "lem" dengan selai strawberry. Ngasih selai ketika dalam kondisi panas, setelah keluar dari loyang. Lalu beri pemberat (loyang kuker diisi ulek2) di atasnya agar lengket. Ini tips aku dapat dari Shirley.



Dan inilah dia .... bolu kukus triwarna... yummy.. cantik... dan very low fat !!!
Langsung ludes jadi bekal sekolah anak2.. juga bekalku ke kantor siy..hehhe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar