14 Februari 2011

Evrything about Chocolate


Event ini sebenernya terjadi seminggu lalu, tepatnya tanggal 6 Feb lalu. Temen2 NCC Surabaya ngadain latbar, latihan bareng, soal coklat. Kebetulan Widya Hidayat, masternya coklat NCC, lagi berkunjung ke Surabaya. Kebetulan aku bisa menerima teman2 di rumahku, klop deh !Pucuk dicinta, ulam pun tiba !

Beberapa hari sebelum acara, temen2 dah heboh soal potlucknya. Hidangannya bervariasi, mulai menu penyetan lengkap dengan sayur asem dan bothoknya, hingga masakan Manado dan rollade daun pisang. Menu dessert pun lengkap. Mulai kripik2an, pie dan brokus, es sinom hingga es kopyor sintetis dan es cao. Hhmmmm, yummmmyyy.

Pas hari H, aku lagi leyeh2 ama anak2 pas mb Yuyun datang. Beliau datang jam 9 jeh, aku masih bermain ama anak2. Tapi itu contoh yg baik, memastikan gak telat. Terbiasa dengan Jakarta kali yaaa, kondisi lalin tak menentu, jadinya brangkat lebih awal. Kemudian berturut-turut datanglah rombongan Dee Riza, Iin dkk...n akhirnya rumahku penuh dengan teman2 NCC.

Setelah pas jam 10:00, dimulailah acara sharing ilmu all about chocolate dari mb Widya Hidayat. Seperti ini nih sharingnya :
1. Melelehkan coklat
Tidak boleh langsung di atas api, harus pakai sistem double boiler. Coklat harus tidak tersentuk tangan kita sama sekali. Agar cepat leleh, serut coklat pendek dan tipis. Tanda coklat leleh sempurna... runny smooth texture !!!

2. Membuat ganache putih
Bila menggunakan whippedcream bubuk, whc dikocok dulu dengan mixer low speed, baru air es masuk. Perlahan naikkan speed mixer. Setelah kaku, segera masukkan coklat putih leleh. Kocok hingga tercampur rata. Siap digunakan.

3. Membuat coklat pagar
Ini bisa dimulai bila coklat sudah siap, leleh sempurna. Caranya, tuangkan coklat leleh ke cetakan pagar. Bila hendak meratakan, lakukan dengan menghentakkan cetakan. JANGAN PERNAH SEKALI-SEKALI MERATAKAN DENGAN SENDOK!!!!. Oh ya, satu lagi. Segala jenis cetakan coklat TIDAK BOLEH BERSENTUHAN DENGAN AIR APALAGI SABUN. So, gimana dong cara membersihkannya ?? Hanya dibersihkan dengan tissue hingga benar2 bersih. Spare waktu 1 hari hanya untuk membersihkan cetakan saja. Setelah semua bagian cetakan terisi, diamkan dalam kulkas (kurleb 5 menit). Stl kaku, keluarkan, ketuk bagian cetakan dg posisi terbalik, coklat pagar akan lepas dari cetakannya.

4. Membuat praline
Coklat leleh dimasukkan ke dalam piping bag yg ujungnya digunting keciiilll sekali. Semprotkan mulai dari bagian atas. Goyang2 cetakan hingga seluruh cetakan terlapisi. Tahap ini, tujuannya adalah membentuk cangkang coklat. Setelah selesai, masukkan dalam kulkas 3 menit. Keluarkan, isi, tutup dengan coklat leleh, masukkan ke kulkas kembali.

5. Membuat coklat papan dengan arasbesque sheet
Bila hendak membuat dengan satu warna, tuang coklat leleh, hentakkan, masukkan kulkas 5 menit. Kelentek or potong2.

Bila hendak membuat dengan 2 warna, tuang warna pertama (misal putih), ratakan dengan spatula sambil ditekan hingga coklat mengisi lekuk2 cetakan. Biarkan kaku (kulkas 3 menit). Gerakan spatula bisa bolak balik di tahap ini.
Setelah kaku, keluarkan dari kulkas, tuang warna lainnya (misal coklat), ratakan dengan sekali sapu. Spatula tidak boleh lagi digerakkan bolak balik. Dinginkan dalam kulkas, 5 menit. Keluarkan dari kulkas, potong sesuai selera.

6. Membuat sabuk coklat dengan mika polos
Buat motif dengan coklat cair putih, diamkan hinggak kaku. Tuang coklat leleh, ratakan, masukkan kulkas 2 - 3 menit saja (hingga setengah beku saja). Keluarkan dari kulkas, segera pasang ke cake yg sudah dipoles BC, tahan mika dengan selotip. Masukkan kulkas kembali hingga kaku (5 menit). Keluarkan dari kulkas, lepas mika, selesai.

7. Membuat hiasan dengan mika polos
Gambar motif yang diinginkan di selembar kertas. Letakkan mika di atas kertas gambar motif. Mulai gambar motif dengan coklat cair. Bekukan.

8. Membuat coklat kruwel
Gunakan fruit baller yang pegangannya warna orange. Letakkan coklat di depan kita. Gerakkan fruit baller lurus, mulai dari arah yg jauh dari tubuh, digerakkan menuju ke badan kita. Jadi deh. Oh ya, fruit baller untuk choco-kruel jangan dipakai untuk buah lagi... ntar jadi berkarat.

Banyak sekali yaaaa.... Alhamdulillah !!!!

Untuk sementara, aku baru mencatat saja...hehehe... belum praktek. Ntar kalau dah sempat praktek.. aku post lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar