05 Oktober 2009

Ultah mas Ravi

Tanggal 3 October kemarin, mas Ravi ultah yang ketujuh.Karena bertepatan dengan hari Sabtu dan dia minta bawa kue ultah ke sekolah... so ke sekolah hari ini, Senin 5 October pas hari ABRI.

Goodie bag aku bikin isi 3, cupcake, puding dan macaroni schootel.
Beberapa hari sebelumnya, sempat chatting ama Fitri.... dan dia kasih ide bikin puding leci. Thanks ya Fit... resep pudingmu cocok !!!
Pas lagi, 1 resep jadi 21 cups ukuran 130 ml.



Kemudian... kok ndilalah... di milist sedang rame dibicarakan macaroni schootel.... jadi deh langsung bikin dengan resep yang dibahas.... sip.

Ini nich resep lengkapnya.. dari mb Ine, thanks ya mbak :
Ingredients:

250 gr Macaroni elbow, rebus 3/4 matang
200 gr Keju, potong dadu 1/2X1/2 cm
3 buah sosis, belah 2, potong tipis 3 mm
100 gr daging giling special (sedikit lemak)
400 cc susu cair
5 butir telur
1 butir bawang bombay, potong kecil kecil
2 sendok makan margarine
garam, gula, pala, merica

Topping Saus Putih:

1 sdm margarine (1 sendok munjung)
2 sdm tepung terigu
250 cc susu cair
garam, merica
100 gr keju parut

Directions:
1. Tumis bawang bombay dengan margarine sampai bawang layu, masukkan pala, daging giling. Tumis sampai daging matang.
2. Campur semua bahan scotel termasuk tumisan daging, aduk rata, jangan lupa...cicipi.
3. Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah di oles margarine,
4. Kukus selama 30 menit. sisihkan
Topping:
1. Cairkan margarine, masukkan terigu, aduk2 sampai rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar tidak mringkil.
2. Masukkan garam dan merica.
Penyelesaian:
1. Tuang topping ke atas schotel, ratakan, taburi dengan keju parut.
2. Panggang dengan api atas selama 15 menit



Cupcake, bikin spt biasa dengan rasa pisang, karena target BDCK pake base cake coklat.
Oh ya, karena mo bikin 21 pas aja.. total adonan aku timbang dan bagi 21... ketemunya per cup harusnya diisi 71 gram. Krn tanitaku hanya yang dial.. aku isi 70 gram... susah boo cari jarum di pas 1 gram !!! Ternyata, cup moma diameter atas 5 cm itu pas bila diisi adonan 70 gram... gak ada yang kelebihan.... dan gak kurang pula.. .just right !!!

Untuk cupcake, figurin aku bikin buaya untuk temen cowok dan jerapah untuk temen cewek dan bu Guru. Spt ini nih para figurinku... yang buat temen cewek plus Ibu Guru nih....



Trus ini buat para temen cowok... buaya... harapannya nanti kalau dah gedhe jgn jadi buaya yaa...hihihi....buayan nya feminin.. pinky crodie...


Hasil akhir cupcakenya spt ini nih....



Bicara BDCK, awalnya mau bikin brokus dengan filling keju.
Chatting ama mb Eny Ungu di Lampung, dikasih tau caranya. Katanya, adonan lapis pertama setelah dituang ditaburi dengan irisan keju... kukus. Begitu diulang hingga semua adonan habis.
Rada sangsi sih... apa kira2 tuh keju bisa leleh gak ya... tapi tetep mo coba. Pas mo bikin, test loyang 22 cm masuk ke dandang di rumah... gak muat. Diisi cup alu untuk schootel pun muat hanya 6 pcs... waaa.. bisa bolak balik dong.
Akhirnya cari pinjeman langseng.

Pinjeman langsengpun gak langsung cocok...hehe...
Maksudnya, pas ada info Bu A punya... minta mbak ke sana ambil... eeee yang dibawa panci susun... salah lageee....
Akhirnya pinjem ke tetangga yang emang bakul kue... langsung bener deh !!!

Semangat lihat langsengnya.. langsung bikin adonan brokus. Pas ngocok telur plus gula... rada gak enak hati... kok lama ya kentalnya ???
Gak tau apa yang salah.... tunggu hingga naik spt biasa. Masuk ingredient lain... trus tuang ke loyang sebagian... taburi dengan keju. Keju aku parut kasar.
Masuk loyang... problem dimulai. Tutupnya kok sulit yaaa...??? Sementara adonan dah masuk. Dah gak enak hati... jadi gak ya nanti... belum lagi gak bisa kasih serbet di tutupnya.
Akhirnya bisa ditutup... tapi tanpa serbet. Ternyata posisi tutupnya tadi salah. Ya wis, yg penting dah nutup pikirku.

Tunggu bbrp menit..... pas dicium udah ada bau harum brokus... buka tutup.
Brokus naik, gak ambles.. gak ketetesan air brarti.. pikirku.
Langsung sisa adonan aku tuang di atasnya... tanpa test tusuk !!! Gak tau kok tumben gak aku test dulu. Lanjut kukus... stl bbrp saat trus aku test tusuk... mulai lagi gak enaknya.... dah gak berupa cairan, cuma bagian bawah kok lengket yaa...???
Tunggu bentar... tapi kok sama aja.. ya udah... kompor aku matikan.

Sambil tunggu dingin, aku beralih ke makaroni schootel.
Saat siap mulai ngukus schootel, aku incipin brokus (ada adonan lebih yang aku tuang ke cetakan loaf). Lha kok bagian bawah basah banget ?? Rasanya sih uenak banget... coklaattt polll !!
Takut ada apa2... yang di loyang 22 cm aku keluarkan. Lha kok ya sama.... bagian bawah basah. Waduh.. .lha ntar kalau mleyot pas dihias.. piye.

Akhirnya, tuh brokus aku taruh di loyang kuker.. trus masuk ke oven.
Lihat dari kaca masih basah.. aku tunggu lagi... lumayan lama tapi pake suhu paling rendah. Setelah aku rasa cukup... aku ambil. The real problem happen... kuenya gosong !!! Gak kelihatan krn cakenya kan pake DCC... jadi warnanya dah coklat tuaaa banget. Gosong gak kelihatan.. kelihatan kalau dicuwil... dan jadi kueras banget.

Akhirnya, terpaksa bikin lagi. Karena DCC tinggal dikit.. gak cukup buat brokus lagi.. ya bikin sponge cake coklat 8 telur. Kali ini, pas ngocok sama spt biasanya... cepet naik dan kentalnya. Masuk oven... beres.. alhamdulillah.. semua berjalan lancar.

Biar special, sponge cake aku percikin simple sirup yang bikin sendiri.. dan aku beri filling ganache. Mingu malam, setelah selesai finishing goodie bag... mulai beralih ke BDCK.
Butter cream aku pake resep gabungan.. resep andalanku plus tambahan white chocolate ala Vivi Liong. Tanpa esens apa2.. karena yg ultah pesen begitu.

Hias BDCK ampe jam 23:45... dah mbliyut2... stop dulu.. tidur dulu.. toh kurang boreran dan tulisan aja.
Besok paginya.. .lanjut bikin borderan. Buku cake decorating dari NCC bener2 helpfull... thanks to mb Fat dan tim... aku coba bikin motif kerang kepang dan kerang berdiri....
Trus, untuk tanah aku pake wafer tango. Beri taburan permen hias yg aku beli dari SH... juga bebatuan dan permen lucu di sisi tegaknya. Ada cone kecil dari Xiu Ling.. aku tutup dgn BC... jadi pohon cemara.
Ini nih penampakan BDCK sebelum para figurin nangkring di atasnya...


Oh ya.. sebelum start decor dengan BC, aku masih bikin 3 figurin untuk BDCK. Bikin octopus, babi dan domba. Semua aku beri alas dari fondant... sesuai saran dari mb Eny Ungu.. thanks ya mbak !!! Dan bener loh.. alas itu berfungsi banget... jadi figurinnya gak belepotan.

Akhirnya, jadilah BDCK spt ini.


Ini BDCK tema anak2 dengan fondant yang pertama yang aku bikin.
Selamat ulang tahun anakku. Semoga panjang umur, sehat selalu... jadi orang baik ya Nak..... Amien.

Sedangkan cake yg gosong tadi.. stl ditriming.... poles BC... beri strawberry... jadi cake cantik lagi... dan rasanyaaa.... nyemmmmm... uenak....
Waktu bawa ke kantor besoknya...ada yang komentar.... ada keju di tengahnya bikin rasanya beda... lebih uenyakkk....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar