19 Oktober 2009

Soes


Kemarin abis datang dari Bali... ngebersihin inbox... buanyak email.
Pas abis lumayan bersih,... rasanya kok ada yang kurang yaa...hehe.. gak ada camilan made in NaViLa...

Buka2 resep. .akhirnya putusin bikin kue soes saja.
Anak2 suka... dan pengin cobain tips dan trik dari temen milist.

Resep aku ambil dari blog mb Yeny - Cake Station.
Resep lengkapnya spt ini :
Kue Soes
Resep asli dari sedap sekejap

Bahan Kulit Soes :
250 ml air
1\2 sdt garam
125 gr margarin
150 gr tepung cakra
4 butir telur yang sedang besarnya

Cara Membuat :
1. Didihkan air, garam, margarin
2. Masukkan terigu, aduk sampai kalis baru angkat dari api lalu dinginkan hanya sampai uapnya hilang.
3. Tambahkan telur satu persatu sambil di aduk atau di kocok mikser dengan kecepatan paling rendah.
4. Semprotkan adonan di loyang yang disemir margarin tipis.
5. Siap di oven dengan api bawah 200 derajat celcius kira-kira 25 menit.

Bahan Vla :

400 ml susu cair
150 gr gula pasir
60 gr tepung maizena
1\4 sdt garam
rebus semua bahan sampai meletup-letup lalu ambil 1 sendok sayur adonan vla campur ke
2 kuning telur, aduk-aduk sampai rata lalu tuang kembali ke adonan, angkat dr api tambahkan 1 sendok mentega, aduk sampai rata.

Yang beda dari resep2 soes sebelum ini adalah, terigu. Sebelumnya aku selalu pake terigu protein sedang or rendah. Namun, sejak gabung milist, jadi tau kalau untuk soes sebaiknya pake terigu protein tinggi.

Kedua adalah BP. Sebelumnya aku pakai BP biasa.. kali ini aku pake BPDA.

Ketiga adalah suhu oven. Sebelumnya aku pakai suhu 170 celcius.. skarang lebih tinggi (sptnya gak sampai 200 deh, soalnya kemarin ngovennya lama... indicator di panelnya ilang sih..hehe..)

Keempat, speed mixer. Sebelumnya aku pakai high speed, skr pakai lowest speed.

Hasilnya.. tra ra....berhasil !!! Kulit soes bisa mekar, lembab.. dan tetap mekar walau sudah dingin.

Tadi pagi bawa sebagian ke kantor... vla aku tambahkan bbrp potong keju potong dadu. Ada temen yang ngincip.. komentarnya.. enak mbak. Bisa pesen ya ??? Tentu saja bisa donggg.....

Kue soes NaViLa emang yahuddd.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar