24 September 2010

Janhagel Kenari


Beberapa waktu yang lalu ada temen di milist yang menanyakan resep Janhagel. Katanya ..."denger nama kukisnya juga baru sekali ini"...

Karena aku dah kenal ama kukis ini.. dan suka bikin kukis ini, akhirnya aku share lah resepnya.. spt ini nih :

Janhagel Kenari
Nyata oct 2003 (jadul yach..) --> later baru tahu bhw penulis resep ini adalah Vivi Liong !!!!

Bahan:
Kenari 75 gr, cincang halus
Margarin 100 gr
Mentega 25 gr
Gula halus 80 gr
Terigu 180 gr
Telur 1 butir (utuh)
Maizena 1 sdm

Hiasan:
Kenari kupas utuh 25 gr
Kuning telur 1 btr untuk olesan
Gula pasir 50 gr

Cara :
1. Campur margarin, mentega, gula halus, telur ayam dan kenari, aduk rata.
2. Tambahkan terigu dan maizena, aduk rata. Letakkan adonan dalam loyang yg dah dioles lemak, ratakan.
3. Olesi seluruh permukaan dg kuning telur, atur kenari utuh menutupi permukaan lalu taburi gula pasir.
4. Oven selama 10 menit, suhu 160 deg (aku, 150 deg. Lamanya oven tgt tebal kukis ya). Oven hingga setengah matang (bisa diiris, tapi belum matang bener. Kalau kurang lama, adonan masih terlalu lembek, sulit dipotong, hasilnya juga jelek, gak rapi).
5. Stl setengah matang, potong2, lalu masukkan lagi ke oven. Panggang kurleb 15 menit lagi hingga kuning keemasan, angkat.

Ada temen yg kesulitan menjaga keseragaman bentuk kukis. Aku share tips yg aku lakukan ya :
1. Timbang wadah sebelum digunakan untuk mengadon
2. Timbang wadah setelah adonan jadi. Dari sini bakal ketahuan berapa berat adonan akhirnya.
3. Bagi rata adonan ke loyang yg hendak digunakan (tinggal nimbang berat bersih adonan yg dikehendaki saja kan...)
4. Ratakan adonan. Bisa pakai spatula or smoother fondant.
5. Buat mal untuk mengukur size kukis. Setelah adonan setengah matang, potong2 menggunakan mal itu. Note : aku biasa bikin 2 mal, size 5 x 30 cm dan 1 30 cm. Nantinya ini akan menghasilkan kukis dengan size 1 x 5 cm, pas dengan toples yang akan aku pakai.

Hasilnya... tra raaa..... sooo yummyyy !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar