20 Juni 2010

Farm Fiesta Cupcake



Senin malam 7 Juni lalu, mb Nana tiba-tiba bilang... "Ma... besok ada acara party class. Aku bawa apa yaaa... Bawa cupcake aja yaaaa.."

Senang bercampur bingung... itu perasaanku. Bingung karena saat itu aku sedang gak punya asisten sama sekali. Senang karena anakku bangga membawa kue yang aku bikin sendiri.

Akhirnya, setelah mencuri curi waktu, aku buatkan cupcake coklat. Kali ini aku bikin pake resep sponge cake dasar NCC.
Resep lengkapnya spt ini nih :

Sponge cake dasar
by Fatmah Bahalwan

Bahan :
Telur 8 butir
Gula pasir halus 200 gram
Terigu 225 gram
Cake emulsifier 1 sdm
Margarin 100 gr, lelehkan

Cara :
1. Panaskan oven 180 derajat. Olesi loyang dengan margarin --> skipped, krn aku bikin di paper cup.
2. Kocok telur dan gula hingga naik, masukkan cake emulsifier, kocok terus hingga kental dan berjejak.
3. Masukkan terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata.
4. Masukkan margarin cair, aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang, panggang hingga matang.

Kemarin aku bikin rasa coklat. Jadinya, 1/3 bagian terigu aku ganti coklat bubuk.. serta 1/3 bagian margarin aku ganti DCC. Rasanya... muantapppp.... nyoklllaatttt...

Malamnya, setelah Kalila tidur, mulailah aku dan mb Nana menghias cupcake.
Untung punya arasbesque sheet.. andalah bikin texture untuk covernya...hehehe..
Saat itu juga pertama kali aku bikin figurin pake fondant tool.. sangat bermanfaat !!! Bikin mulut, garis senyum, motif jadi sangat mudah dan rapi. Untung aku beli fondant tool ini... !!!

Mbak Nana pengin bikin tema harvesting... jadi dibikinlah wortel, terong, jeruk, jagung serta mushroom. Karena suasana fiesta, aku lengkapi dengan beberapa figurin kado. Serta untuk rasa terima kasih kepada bu guru, bu Wiwik, aku buatkan figurin bentuk tas untuk beliau.

Semua cupcake aku letakkan di board coklat, matching banget dengan warna cupcakenya. Ada 3 buah yang gak muat.. serta figurinnya tinggi. Untung ada stock customized box.. jadi beress deh. Enak ya kalau gak perlu macking satu per satu... sangat mempersingkat waktuuu....

Besoknya, sepulang dari kerja .. mb Nana cerita bahwa cupcakenya ludesss... heboohh.. Semua orang pada bilang... wowww.. Jasmine.. cantik sekaliii....
Alhamdulillah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar