21 Juni 2010

Opera Cake


Sudah 2 bulan ini aku gak punya asisten yg nginap... walhasil aku sekarang tiap hari masak (yg sebelumnya aku gak sukaa.. tapi skr no choice..hehe..) dan rada ribet dengan kerjaan rumah di luar jam kerja kantor.
Tapiii... walaupun sesibuk apa... aku masih sempatkan baking. Rasanya malah stress kalau gak baking sama sekali... Virus baking NCC benar2 telah masuk ke dalam jiwa ragaku...lebay.com.. hehehe.

Hari Minggu kemarin, kebetulan menu masak aku bikin simple. Kalila, anak terkecilku, masih tidur. Kebetulan kedua anakku yang sudah sekolah, alhamdulillah mendapatkan nilai baik di semester II ini. So, sebagai reward dan ada kesempatan langka di pagi itu, aku bikin Opera Cake. Semalam sebelumnya sudah disiapkan sih... sudah baca2 resep dan lihat2 bahan. Semua ada, hanya saja cukup untuk bikin 1/4 resep saja. Resep pake resep NCC.

Baru tahu juga, hasil browsing di wikipedia, opera cake adalah cake perancis.... Ini kutipan lengkapnya :

"Opera Cake is a type of French cake. It is made with layers of almond sponge cake (known as Joconde in French) soaked in coffee syrup, layered with ganache and coffee buttercream, and covered in a chocolate glaze. According to Larousse Gastronomique "Opéra gateau is an elaborate almond sponge cake with a coffee and chocolate filling and icing."[1] The cake was popularized by the French pâtisserie house Dalloyau."

Karena pertama kali bikin, aku ngoven terlalu lama. Alhasil, jaconde jadi mirip cookies..hehehe...
Saat finishing, keringnya jaconde aku akali dengan memberi sirup kopi rada banyakan.. harapanku agar jadi agak moist.

Jadinya sih mayan moist, namun permukaan cake jadi lembek banget. Pas ngoles ganache di atasnya, seringkali kulit jaconde terkelupas. Tapi krn untuk dimakan sendiri.. aku teruskan saja.

Selesai numpuk 3 lapisan, aku siram atasnya dengan coklat coating dari Collata.

Karena bikinnya disambi - sambi ngerawat si kecil, total keseluruhan baking dan finishing selesai jam 3 sore...hehehehe...

Hasilnya... hmmm... nyeeemmmmm... it's so yummyyyy !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar