27 Juli 2009

Choco Layers Cake




Saat travel ke US kemarin, aku nekat beli mixer Kitchen Aid seri Artisan. Selisih harga yg lumayan significant membuat aku nekat menggotong mixer ini (padahal buerat looohhh). Belum lagi perbedaan specs lisrik antara required dg available di rumah.

Minggu 26 Juli lalu, akhirnya tambahan alat listrik agar mixer baru ini bisa jalan terbeli. Instalasi dipasang oleh temen yang ahli di bidang perlistrikan.
Coba nyalakan mixer kosongan.. jalan lancar... siiipppp..!!

Begitu tahu mixer siap dicoba... langsung muncul ide untuk bikin black forest, sekalian buat inget2 12 tahun our anniversary.
Kok ndilalah.. siang aku kerasa pusingg banget.. akhirnya aku putuskan tidur dulu.
Sore, sekitar jam 16:00 an, setelah badan terasa lebih enakan, akhirnya aku mulai bikin kue.

Timbang bahan2.. oles loyang dan taburi dengan tepung. Setelah semua siap, pecahkan telur sesuai resep dan masukkan gula pasir. Lalu nyalakan mixer baru... ngeeenggg... pelan,.. secara bertahap naikkan speed hingga ada di level 6 (dah cukup kenceng buat cake, menurut manualnya). Aku ambil stopwatch... sekalian pengin tahu berapa lama waktu yg dibutuhkan.
Pas di menit ke-6, aku matikan mixer dan lihat adonan. Ternyata masih lembek.. belum njambul petruk. Nyalakan lagi.. hingga akhirnya tercapai menit ke-8... aku cek.. sudah njambul petruk dan com mixer hampir penuh. Rasanya.... seneeennggg banget lihat adonan bisa ngembang bagus dan kokoh begitu.

Lalu lepas pengocok, dari wire diganti ke flat beater. Setelah nyala, mulai masukkan tepung. Setelah habis, matikan mixer. Margarin cair aku masukkan pake adukan manual saja.. krn masih takut pake flat beater untuk mencampur margarin (ada yg bilang, bisa pake flat beater.. ntar kapan2 mo coba deh).

Abis itu, masuk loyang ukuran 22 cm. 1 loyang gak cukup.... adonan 8 telur.. selama ini selalu cukup 1 loyang (gak penuh malah)...lha ini masih sisa.
Akhirnya, sisa adonan aku kukus dalam cup muffin.. jadi kurleb 7 pcs.

Setelah matang, tunggu dingin... bikin whipped cream. Terus belah kue jadi 3 pcs (baru kali ini bisa bikin cake yg cukup dibelah 3 !!!!). Krn gak punya dark cherry, tiap lapis aku beri jam triple berry dari Iowa kemarin. Tak lupa tiap layer dilapisi sirup (aku pake sirup jadi.. males.com). Kemudian beri WC tiap lapisnya. Begitu seterusnya hingga semua layer selesai ditumpuk.

Kemudian bagian oles semua permukaan. Ternyata.. WC-ku gak cukup. Jadi yg bagian pinggir aku oles tipis aja, asal cukup buat coklat bisa nempel. Hiasan atas untuk tatakan cherry pun gak bisa besar2... gak cukup..hehe..
Untuk coklat pagar... karena gak punya cetakan... aku cuma lelehkan coklat lalu tuang ke plastik. Setelah agak dingin (tp belum keras yaaa),. aku potong2 setinggi cake (kemarin tinggi total = 17.5 cm!!!).

Akhirnya.... jadi deh. 7 Cup yg dikukus pun akhirnya habis jadi cemilan malam hari dan dijadikan bekal sekolah (masih tetep empuk loh walau dah besok paginya).
BFnya... enak kata papa anak2.. serta mas Ravi...

Seneng banget hatiku... gak sia2 berat2 bawa koper isi mixer kitchen aid ini.. alhamdulillah !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar