29 Juni 2009

Banana Cake



Sebenernya ini aku bikin agak lama.. awal bulan Mei lalu.. cuman baru sempet post sekarang.
Pas sedang di rumah, Nana putriku minta dibikinkan cake pisang.

Cari2 resep, akhirnya pake resep muffin tape keju NCC tapi keju dan tape aku ganti dengan pisang ambon yg dilembutkan. Resepnya spt ini nih : (resep asli by Fatmah Bahalwan, modified by Helena Kunwiati)

bahan :
8 btr kuning telur
6 btr putih telur
250 gr gula pasir (kalau pisang manis banget, boleh dikurangi 25 gr)
250 gr tepung terigu (aku pake segitiga)
200 gr margarine
400 gr pisang ambon lumat halus
2 sdm susu kental manis

Cara buat seperti butter type cake, jadi margarin dikocok bareng gula dulu, baru telur masuk satu persatu. Lalu masuk pisang lumat yg dah dicampur dengan SKM, bergantian dengan tepung terigu. Ini pake mixer speed terendah.

Sementara itu, di lain tempat, kocok putih telur hingga kaku (soft peak aja). Lalu masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan margarin, sambil diaduk manual.

Trus tuang ke cetakan (kemarin aku tuang di cetakan tulban aja.. biar cepet selesai..hehehe), lalu panggang hingga matang (aku biasa di suhu 170 degC, 30-45 menit).

Hasilnya... cake pisang yg padat, lembut, legit dan menggoyang lidah..hm... yummy.
Rasa pisangnya mantap.. teksturnya lembut membelai lidah...bikin mau lagi.. dan lagi.. dan lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar