27 Januari 2013

Pindang Patin Palembang ala NaViLa

Tadi waktu ke pasar secara tidak sengaja aku menemukan penjual tomat hijau. Langsung terbayang memasak garangasem ayam..hmm.. pasti seger.
Namun sayang, Pak Ji, tukang sayur keliling langganan, hari ini libur. Jadi gak bisa dapetin ayam kampung.
Karena terlalu sayang untuk melewatkan adanya tomat hijau, aku banting stir dengan ikan patin. Pasti seger dimasak pindang patin or asem2. Soal resep, nanti googling aja..

Mumpung masih di pasar, aku beli sekalian belimbing sayur dan daun kemangi. Biasanya masakan asem2 makin seger dengan adanya kedua bahan tersebut.

Sampai di rumah, googling resep, nemu resep di bawah ini. Namun karena aku terlanjur beli belimbing sayur dan daun kemangi, walaupun tidak ada di resep, aku sertakan juga keduanya.

Ini resepnya

Pindang Patin Palembang
ala NaViLa
source : kitabmasakan.com

Bahan :
ikan patin 500 gr
air 500 ml
Haluskan :
bawang merah 6 butir
bawang putih 4 siung
cabai merah 2 buah

bumbu lain :
lengkuas 4 cm, iris tipis
kunyit 2 cm, iris tipis
jahe 3 cm, iris tipis
serai 2 batang, memarkan
cabai rawit - selera, utuhkan
tomat hijau 3 butir, belah 4
asam jawa - 1 mata
daun salam - 2 lembar
kecap manis 1 sdm
garam 1.5 sdt
gula merah 1 sdt, iris tipis

Cara :
1. cuci ikan patin, lalu potong jadi 5, sisihkan
2. rebus air bersama bumbu halus, lengkuas, kunyit, jahe dan serai sampai mendidih
3. masukkan ikan patin dan bumbu lainnya, masak di atas api kecil sampai ikan matang dan bumbu meresap. Angkat, sajikan dengan nasi hangat

Gampang sekali kan..

Yuk mari dibikin... mudah, murah, lezat, bergizi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar